Taman Ahmad Yani

taman ahmad yani

Jalan Jalan Ke Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani – Taman Ahmad Yani berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Medan Maimun, Jati, Sumatera Utara, 20151. Taman yang berada di jantung kota Medan ini diresmikan oleh walikota medan menjadi taman digital.

Dinamakan demikian karena taman ini dilengkapi dengan jaringan wifi di setiap sudutnya dan bebas diakses oleh pengunjung yang datang ke taman ini. Suasana Taman Ahmad Yani sangat sejuk dan lingkungan yang asri dengan pepohonan yang rindang.

Bangunan Taman Ahmad Yani berada di atas lahan seluas dua hektar dan merupakan tempat favorit bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu, berolahraga atau hanya bermain, berkumpul bersama teman atau keluarga.

Saat berkeliling anda akan melihat sebuah monumen Jendral Ahmad Yani yang terletak di tengah taman. Tinggi monumen Jendral Ahmad Yani adalah sebelas meter, dimana posisi wajah Jendral Ahmad Yani dibuat menghadap ke kiri.

Jenis tanaman pohon di Taman Ahmad Yani sangat bervariasi, diantaranya ada pohon roda. Pohon ini memiliki buah yang terlihat sepert roda trotoar dan sangat unik. Pohon-pohon yang lebih kecil atau masih muda umumnya memiliki batang berduri. Pohon raja juga dapat di temui di sini.

taman ahmad yani

Bangunan patung Jendral Ahmad Yani mulai dibuat pada tahun 1965 dan akhirnya selesai dibuat pada tahun 1968. Orang yang membuat patung tersebut adalah pembuat patung Ki Heru yang memberikan pilihan kepada Presiden Soekarno. Antara patung Jendral Ahmad Yani atau relief yang menceritakan rangkaian peristiwa G30S/PKI.

Dan akhirnya pilihan jatuh pada monumen Jendral Ahmad Yani. Ki Heru membuat patung dengan pose wajah menghadap ke kiri dan tangan kanan yang menunjuk ke atas mempunyai makna tertentu. Makna tersebut adalah memberikan isyarat pada kaum komunis atau kaum kiri supaya berpindah pada partai Islam atau kaum religi.

Fasilitas Taman Ahmad Yani diantaranya wahana permainan anak, tempat duduk seperti gazebo untuk para pengunjung, dan juga ada nya fasilitas olahraga. Setiap minggu selalu ada pertunjukan dari berbagai macam komunitas, untuk menambah keseruan saat berkunjung ke taman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *