Bukit Lawang

bukit lawang

Wisata Alam Bukit Lawang

Wisata Alam Bukit Lawang – Bukit Lawang merupakan tempat wisata alam di kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Bukit Lawang terletak sekitar 120 km dari kota Medan, untuk ke daerah wisata Bukit Lawang bisa menggunakan bus antarkota sekitar 3-4 jam perjalanan dari pusat kota.

Tempat wisata ini terkenal dengan arus sungainya yang deras dan jernih serta tempat pengamatan orang utan sumatera di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser. Orang utan Sumatera adalah salah satu dari dua spesies orangutan di Indonesia dan hanya dapat ditemukan di pulau Sumatera.

Taman nasioanl gunung leuser yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis adalah kawasan pelestarian alam Indonesia yang merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera.

Pusat rehabilitasi orang utan berlokasi di Taman Nasional Gunung Leuser. Tingkah laku orang utan ini mampu menarik wisatawan lokal maupun asing untuk mengunjungi taman Bukit Lawang. Sehingga taman tersebut ramai pengunjung tiap tahunnya.

bukit lawang

Bukit Lawang tidak hanya terkenal dengan adanya pusat rehabilitasi orang utan, disini juga merupakan tempat pelestarian beberapa flora dan fauna yang dilindungi. Diantaranya Badak, Gajah dan Harimau sedangkan flora yang terkenal adalah bunga Rafflesia Arnoldi yang diameternya dapat mencapai tiga meter.

Di tempat wisata ini juga terdapat sebuah gua kelelawar yang berisi ribuan kelelawar. Untuk memasuki gua ini disarankan untuk membawa alat penerangan, karena jika kita memasuki gua ini tidak ada cahaya sama sekali dan sangat gelap.

Kita juga bisa melakukan wisata tubing di bukit lawang. Tubing adalah wisata air seperti arung jeram, namun perahu yang dipakai adalah ban pelampung yang hanya bisa di muat oleh satu orang untuk satu ban pelampung. Karena lokasi bukit lawang dekat dengan arus sungai Bahorok.

Tempat wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi untuk liburan anda, karena anda bisa menghabiskan waktu untuk menjelajahi sambil belajar untuk menambah pengetahuan kita tentang alam di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *