Bika Ambon

bika ambon

Bika Ambon Medan

Bika Ambon Medan – Bika Ambon adalah salah satu jenis kue basah yang berasal dari kota Medan, kue khas Medan ini mempunyai warna kuning dan memiliki rongga-rongga di bagian dalamnya. Selain itu rasa Bika Ambon juga memiliki citarasa legit bercampur dengan sensasi kenyal di lidah.

Di kota Medan sendiri, kue Bika Ambon ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu icon kebanggaan masyarakat di sana. Banyak orang yang membeli Bika Ambon untuk di jadikan buah tangan.

Jika pertama kali mendengan nama kue Bika Ambon , tentu kita akan mengira bahwa kue ini berasal dari daerah Maluku di Indonesia Timur. Namun pada kenyataanya kue Bika Ambon ini berasal dari kota Medan.

* Sejarah Bika Ambon

Nama Bika sendiri terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka yang kemudian di modifikasi dengan menambahkan pengembang dari bahan Nira atau Tuak Enau agar menjadi berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu.

Kue ini mulai disebut dengan kue Bika Ambon karena pertama kali dujual di daerah simpang Jln Ambon – Sei Kera, Medan. Karena banyaknya peminat, kue ini kemudian mulai populer dan sering disebut dengan kue Bika Ambon, sesuai dengan nama jalan tempat menjual kue Bika Ambon.

bika ambon

* Tempat Kuliner Bika Ambon

Kue Bika Ambon merupakan khas yang sangat terkenal di kota Medan, Sumatera Utara. Selain untuk di konsumsi sendiri, makanan ini juga banyak di perjual belikan bahkan menjadi salah satu makanan oleh-oleh khas kota Medan.

Salah satu kawasan yang banyak terdapat penjual Bika Ambon ini adalah kawasan Jalan Majapahit. Disana banyak terdapat toko-toko yang menjual makanan khas Medan ini. Rasa yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari Bika Ambon rasa pandan,Bika Ambon rasa coklat, Bika Ambon rasa keju, dan lain-lain.

Walaupun pembuatan kue Bika Ambon tanpa menggunakan bahan pengawet, Bika Ambon mampu bertahan sampai 3 atau 4 hari. Sehingga sangat cocok juga untuk dijadikan oleh-oleh saat kita berkunjung di kota Medan.

Sekian penjelasan tentang kue Bika Ambon, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang makanan tradisional yang ada di Indonesia.

Comments are closed.